Friday, September 21, 2012

Apa itu Homeschooling ?

Pengertian Homeschooling 
Istilah homeschooling sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti sekolah rumah. 
Pengertian umum homeschooling adalah model pendidikan di mana sebuah keluarga memilih untuk bertanggungjawab sendiri atas pendidikan anaknya dengan menggunakan rumah sebagai basis pendidikannya. 
Memilih untuk bertanggung jawab berarti orangtua terlibat langsung menentukan proses penyelenggaraan pendidikan, penentuan arah dan tujuan pendidikan, nilai-nilai yang hendak dikembangkan, kecerdasan dan keterampilan, kurikulum dan materi, serta metode dan praktek belajar. 

Sejarah Homeschooling 
Dari berbagai literatur mengenai sejarah homeschooling, maka disarikan secara umum sejarah homeschooling, sebagai berikut : 

Menurut Paul D. Lindstrom, jauh sebelum pendidikan modern muncul, sebelum abad ke-18, umumnya anak-anak belajar dari orangtuanya, keluarga besar dan dari kehidupan sehari-hari. 
Anak-anak belajar membaca, berhitung, skill kehidupan, belajar bagaimana bersosialisasi dan belajar mengenai moral serta etika. 


Pada tahun 1642, Massachusetts Bay Colony menetapkan peraturan bahwa orangtua harus memastikan bahwa anak-anaknya bisa membaca. 

Tidak lama kemudian berdirilah public school pada tahun 1635. 
Kemudian, seorang guru, pengamat anak dan pendidikan John Cadwell Holt melalui bukunya How Children Fail (1964), menyatakan bahwa kegagalan akademis pada siswa sering disebabkan oleh eksistensi sekolah sendiri. 
Pemikiran dasar Holt adalah manusia pada dasarnya adalah makhluk belajar dan senang belajar sehingga tidak perlu ditunjukkan bagaimana cara belajar yang benar. 
Menurutnya, yang membunuh kesenangan belajar anak adalah orang-orang yang berusaha menyela, mengatur, atau mengontrolnya. 

Pada awal tahun 1970-an, Ray dan Dorothy Moor melakukan penelitian mengenai kecenderungan orangtua menyekolahkan anak lebih awal (early childhood education). 
Penelitian mereka menunjukkan bahwa memasukkan anak-anak pada sekolah formal sebelum usia 8-12 tahun akan berakibat buruk bagi anak-anak. Selain itu, menurutnya ikatan dan perkembangan emosional yang dibangun bersama orangtua di rumah pada usia awal pertumbuhan sangat penting dan memiliki dampak jangka panjang bagi anak-anak. 
Holt, Ray dan Dorothy Moore kemudian menjadi pendukung dan konsultan penting homeschooling di Amerika. 

Setelah itu, homeschooling terus berkembang dengan berbagai alasan. 
Pertumbuhan homeschooling juga banyak dipicu oleh ketidakpuasan atas sistem pendidikan di sekolah dan keadaan pergaulan sosial di sekolah yang tidak sehat. 
Perkembangan homeschooling juga dipengaruhi oleh akses terhadap informasi yang semakin terbuka dan membuat para orangtua memiliki semakin banyak pilihan metode pendidikan yang dirasa paling pas untuk anak-anaknya. 
( by : Ly )

Sumber :
- Homeschooling : Lompatan Cara Belajar ( Sumardiono )
- Homeschooling untuk Anak, Mengapa Tidak ? ( Loy Kho )
- Everything Homeschooling Book (Sherri Linsenbach )

1 comment: